Robot Pengganti Remote Pelajari Suara Tuannya

Tokyo - Robot mungil besutan Toshiba ini bukan hanya bisa menggantikan peran berbagai remote control yang ada di rumah. Ia juga bisa mempelajari perintah suara bak anak kecil.


Seperti dikutip detikINET dari AFP, Rabu (2/4/2008), sebuah robot dengan tinggi 21 cm, bermata besar dan memiliki bentuk tubuh bulat akan melaksanakan perintah suara pemiliknya untuk mengganti saluran televisi atau mengatur peralatan elektronik lainnya dengan menggunakan sinyal infra merah.

Uniknya, robot ini mampu mempelajari perintah-perintah tersebut lewat interaksi sehari-hari layaknya seorang anak kepada orang dewasa. Saat pemiliknya menekan tombol remote untuk mengganti saluran televisi, misalnya, ia akan bertanya 'Apa yang sedang kamu lakukan?'

Kemudian, robot bernama ApriPoko itu akan mengingat kaitan antara jawaban yang diberikan pengguna dengan tombol yang ditekan pengguna pada remote. Nantinya, pengguna cukup menyampaikan keinginannya (misalnya mengganti saluran televisi) dan si robot sudah bisa segera menjalankan perintah itu.

Ada perbedaan utama perintah suara pada ApriPoko dengan alat elektronik berbasis perintah suara yang ada saat ini. Jika kebanyakan alat sekarang menggunakan kata spesifik untuk menyampaikan perintah, ApriPoko bisa mempelajari kalimat sederhana dari penggunanya.

Saat ini robot itu masih dalam tahap pengembangan, namun diharapkan akan dapat segera dilempar ke pasaran. "ApriPoko diyakini akan berguna bagi orang-orang paruh baya yang tidak mau direpotkan dengan berbagai macam tombol perangkat elektronik," ujar Toshiba.

Foto: Demo ApriPoko oleh Daisuke Yamamoto, peneliti dari Toshiba

Blogger template 'Yes#39; by By Ujang2008

Jump to TOP

Blogger templates by Ayah Ujang